Taman Nasional Lorentz Papua

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha; Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terdapat pula beberapa kekhasan dan keunikan adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai fuat cepat yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Balliem.

Tercatan 639 jenis burung dan 123 mamalia hidup disini. Jenis burung yang khas darinya ialah  2 jenis kasuari, empat megapoda, 31 jenis dara, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemik di antaranya cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (Anurophasis monorthonyx).

Selain itu terdapat pula mamalia, antara lain babi duri moncong panjang (Zaglossus bruijnii), babi duri moncong pendek (Tachyglossus aculeatus), 4 jenis kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon. Lebih jauh kawasan ini merupakan satu diantara tiga daerah di dunia yang memiliki gletser meski terletak didaerah tropis.

Adapun yang keragaman budaya yang terdapat didalamnya tak kalah mengagumkan. Kebudayaan tersebut diperkirakan  telah usia 30,000 tahun. Dimana suku Asmat, Nduga, Dani Barat, Amungme dan Sempan tinggal.

peta taman nasional lorentzUntuk mencapai Taman Nasional Lorentz bisa ditempuh dengan berbagai jalur. Dari kota Timika ke arah utara kawasan dapat menggunakan penerbangan perintis. Sedang jika ingin menuju arah selatannya dapat menggunkan kapal laut melalui pelabuhan Sawa Erma.

Daerah  ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh Unesco dan warisan Alam Asean oleh negara negara asean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *